16 Agustus 2020

Kuma Kuma Kuma Bear - Bab 99

Bab 99 – Kuma-san adalah Anak yang Tak Diinginkan?

Sehabis sarapan keesokan paginya, masih di ruang makan lantai dasar, Cliff dan Mylene-san mendiskusikan langkah-langkah yang selanjutnya akan mereka tempuh.

「Oleh sebab itu, sebagian pendapatan dari tarif terowongan dapat ditransfer ke kartu Yuna melalui Guild.」

「Yang menjadi masalah adalah penyediaan batu sihir.」

「Batu sihir cahaya serta batu sihir angin ya. Bisakah Guild Komersial mengatur penyediaannya?」

「Kami bisa menyediakannya, tapi saya khawatir harga pasaran akan runtuh sebagai imbasnya.」

「Berarti aku memang perlu membelinya langsung di ibu kota ya?」

「Saya rasa itu akan lebih baik.」

「Dan berhubung ini adalah urusan yang sangat penting, tidak elok rasanya bila melaporkan hal ini hanya melalui surat.」

「Bukankah hal ini bagus karena Anda bisa berjumpa dengan istri Anda?」

「Memang akan bagus jika aku tidak memiliki pekerjaan lain. Tapi saat ini pekerjaanku sudah menumpuk. Sekarang ditambah lagi dengan terowongan dan kota yang ingin bergabung ke wilayahku, pekerjaanku akan semakin bertambah. Dalam situasi yang sesibuk ini, aku semakin depresi karena juga mesti pergi ke ibu kota.」

Aku pura-pura tidak mendengarnya dan terus menikmati jus Oren-ku.
Betapa enaknya menjadi petualang. Bebas makan dan tidur kapan pun kami mau. Benar-benar profesi yang istimewa.
Saat membaca komik dan novel fantasi, aku menganggap pengelolaan wilayah sebagai sesuatu yang sangat merepotkan. Aku tidak sanggup melakukannya. Kurasa tokoh utama yang bisa melakukannya benar-benar hebat.
Yah, aku memang bukan seperti tokoh utama yang gemar berperan aktif, jadi untunglah aku bisa hidup sesantai ini.
Kebahagiaan terbesarku saat ini adalah bisa duduk dan menikmati jus Oren tanpa beban, di sebelah orang-orang yang tampak begitu sibuk.
Ah, betapa bahagianya aku menjadi petualang.
Selagi aku memikirkan hal seperti itu, perbincangan mereka terus berlanjut.

「Selain itu, soal lalu lintas terowongan, kita tidak harus menjadikannya satu arah sepanjang waktu, 'kan? Lebarnya cukup untuk dilewati dua kereta kuda sekaligus. Bukankah sebaiknya jalur kosong itu bisa kita alokasikan untuk pejalan kaki, kuda, atau semacamnya?」

「Tapi masih ada kemungkinan orang tolol yang ugal-ugalan di terowongan. Itu akan berbahaya.」

「Bagaimana kalau kita pasang pagar?」

「Sepertinya untuk saat ini aku tidak sanggup berbuat sejauh itu.」

「Anda benar. Untuk sementara ini, kita mesti menjadikannya satu arah sambil terus mengamati situasi di lapangan.」

「Lebih baik begitu untuk saat ini. Tidak akan terlambat bagi kita untuk mengaturnya kembali setelah kita lebih memahami lalu lintasnya.」

Mereka berdua saling berdiskusi dengan begitu antusias. Itu tak ada hubungannya dengan diriku yang rakyat jelata ini, jadi aku hanya melamun sambil mendengarkan sekadarnya.
Ya, baik Lord maupun Guildmaster merupakan profesi yang sangat sulit.
Sei pun tiba saat mereka berdua sedang berbincang.

「Selamat pagi. Apakah Anda sekalian bersedia datang ke Guild Petualang bersama saya sekarang?」

Mereka berdua sama sekali tidak keberatan, jadi mereka langsung mengiyakannya.
Nah, apa yang harus kulakukan selagi mereka berbincang di sana?
Cliff memanggilku begitu dia menyadari bahwa aku tidak ikut berdiri.

「Yuna, apa yang kau lakukan? Ayo kita pergi.」

「Aku juga ikut pergi?」

「Kenapa kau menanyakan sesuatu yang tidak perlu lagi ditanyakan?」

Begitu katanya sambil tercengang.

「Itu adalah diskusi antar para orang penting di kota, 'kan?」

「Ya, benar.」

「Berarti kalian gak membutuhkanku, 'kan?」

「Apa yang kau bicarakan? Kau adalah tokoh sentral. Mana mungkin kau tidak ikut serta.」

Eh?
Sejak kapan aku menjadi tokoh sentral?

「Mylene-san?」

Aku menatap Mylene-san demi meminta bantuan.

「Yuna-chan adalah satu-satunya di antara kita bertiga yang tahu tentang kota ini, jadi kami membutuhkanmu. Kurasa mereka tidak akan berbohong, tapi setidaknya kami membutuhkan pengetahuan Yuna-chan tentang kota ini, jadi kamu harus ikut.」

「Dalam negosiasi, orang akan selalu menyampaikan hal-hal yang akan menguntungkan mereka, sambil menyembunyikan hal-hal yang akan merugikan mereka. Tapi kalau dirimu ada di sana, akan sulit bagi mereka untuk melakukan hal itu.」

Benarkah begitu?
Sepertinya mereka bukanlah orang yang akan melakukan hal semacam itu. Yah, Cliff dan Mylene-san belum terlalu mengenal kepribadian para penghuni kota ini, jadi apa boleh buat.
Aku tidak dapat menemukan alasan untuk menolaknya, jadi terpaksa aku ikut bersama mereka.

Setibanya kami di Guild Petualang, kami langsung dipandu menuju ruangan yang sama seperti sebelumnya.
Saat kami memasuki ruangan, Atla-san dan tiga kakek-kakek sudah duduk menunggu.
Selain itu ada juga seorang lelaki yang wajahnya sudah kukenal. Dia adalah seorang staf Guild Komersial berhati baik yang pernah diperkenalkan oleh Damon-san padaku.
Atla-san segera mempersilakan kami untuk duduk.

「Terima kasih banyak atas kesediaan Anda sekalian untuk datang berkunjung ke Mireera kali ini.」

Atla-san bangkit dari tempat duduknya lalu mengucapkan terima kasih.

「Kami benar-benar tidak menyangka bahwa Lord Crimonia akan datang langsung ke sini.」

「Itu karena permintaan dari orang ini.」

Cliff melirik ke arahku.
Aku tak ingat pernah membuat permintaan semacam itu. Yang kulakukan cuma menyerahkan surat dan memberi sedikit penjelasan.

「Orang ini sudah bertindak tanpa pikir panjang, ditambah lagi dia sudah membuat sesuatu yang di luar nalar. Setelah mempertimbangkan dampaknya untuk masa mendatang, sepertinya aku tidak bisa menyerahkan masalah ini pada bawahanku.」

「Begitu ya. Gadis ini telah banyak membantu kami.」

「Aku juga sudah banyak dibantu olehnya.」

Kenapa dia tampak berat hati mengatakannya?

「Kalau begitu, sebelum kita mulai perbincangan kali ini, mari kita saling memperkenalkan diri. Saya Atla, Guildmaster dari Guild Petualang. Saat ini saya juga bertugas membantu pengelolaan kota ini.」

Selanjutnya, ketiga kakek-kakek bergantian memperkenalkan diri.
Lalu diakhiri dengan pengenalan diri Jeremo-san dari Guild Komersial.

「Aku… Saya Jeremo, bekerja sebagai staf di Guild Komersial. Tapi saya tidak tahu kenapa saya dipanggil ke sini.」

「Kau datang ke sini sebagai perwakilan Guild Komersial.」

「Perwakilan?」

「Benar. Mulai sekarang, kami ingin dirimu bekerja di bawah arahan Guildmaster dari Guild Komersial Crimonia.」

Begitulah kata salah satu kakek.

「Kenapa harus saya?」

「Meskipun kau kurang serius bekerja, tapi hatimu mulia.」

「Kau yang mencuri ikan dan membagikannya ke keluarga yang membutuhkannya, 'kan?」

「Sudah ketahuan ya?」

「Tentu saja, mudah menyimpulkannya bila aroma ikan panggang bisa tercium dari rumah yang seharusnya tidak mampu membelinya.」

「Tapi tetap saja bukan berarti aku yang melakukannya, 'kan?」

「Jangan remehkan jaringan informasi kami. Informasi semacam itu mudah kami dapatkan.」

「Berarti kalian sengaja membiarkannya?」

「Kami juga merasa tidak tega bila hanya orang kaya saja yang bisa mendapatkan makanan.」

「Itulah mengapa kami melindungimu dari balik layar.」

「Begitukah?」

「Atas alasan itulah kami meminta dirimu yang begitu peduli dengan para penduduk untuk datang menjadi perwakilan Guild Komersial.」

「Oleh sebab itu, mohon berilah arahan pada pemuda ini demi keberlangsungan Guild Komersial kota ini.」

Para kakek itu menundukkan kepala mereka dan memohon pada Cliff dan Mylene-san.

「Saya mengerti. Saya akan membuatnya bekerja sekeras mungkin.」

Jeremo-san tampak pasrah setelah mendengar kata-kata itu.
Setelah pihak mereka selesai memperkenalkan diri, Mylene-san mulai memperkenalkan dirinya.

「Saya Mylene, Guildmaster di Guild Komersial Crimonia. Saya yakin akan ada bermacam permintaan yang akan saya ajukan di masa mendatang, jadi saya mohon bantuan dari Anda sekalian.」

「Siap.」

Jawab Jeremo-san.

「Kalau begitu, aku yang terakhir, ya?」

Setelah mengatakan itu, Cliff bersiap untuk memperkenalkan diri.
Eh? Terakhir?
Bagaimana dengan perkenalan diriku?
Apa jangan-jangan aku adalah anak yang tidak diinginkan?
Yah, kurasa mereka semua memang sudah mengenalku.
Tapi aku merasa terkucilkan karena cuma aku satu-satunya yang tidak memperkenalkan diri, padahal mereka semua melakukannya.

「Aku Cliff Foschuroze, Lord Crimonia. Tapi tidak usah terlalu mengkhawatirkan cara bicara kalian padaku. Sekarang aku sudah tidak terlalu memedulikan hal semacam itu.」

Saat itu juga, Cliff melirik ke arahku.
Kenapa?

「Berhubung waktu kita terbatas, mari kita bahas masalah yang mendesak.」

「Aku sudah membaca surat dari kalian, apakah kalian yakin ingin menjadi bagian dari wilayahku?」

「Iya. Sebagai gantinya, kami ingin berada di bawah naungan Anda. Kami harap Anda sudi membantu kami seandainya sesuatu terjadi pada kota ini.」

「Seperti insiden Kraken ya.」

「Iya.」

「Saat ini aku harus mengatakannya jelas-jelas. Kraken bukanlah monster yang bisa dikalahkan semudah itu. Kuma ini saja yang terlalu absurd.」

Cliff menunjuk ke arahku.
Tidak adakah orang yang pernah mengajarinya bahwa menunjuk-nunjuk orang lain itu tidak sopan?

「Ya, kami sudah tahu itu. Kami rasa tidak akan ada lagi Kraken yang muncul di sini. Seandainya monster sekuat itu memang muncul lagi, kami harap Anda bersedia berkomitmen untuk membantu kami, baik soal makanan maupun bantuan lainnya.」

「Makanan ya. Apakah kalian tahu seberapa jauhnya jarak antara Crimonia dan kota ini?」

「Itu…」

「…」

Mereka semua terdiam.
Mereka memikirkan jarak antara Crimonia dan Mireera, dan tahu betapa jauh jaraknya.
Mengirim makanan dengan jarak sejauh itu akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

「Aku hanya bercanda.」

Cliff tiba-tiba tertawa. Mylene-san juga ikut tertawa.
Atla-san dan ketiga kakek-kakek pun kebingungan saat melihat mereka tertawa.

「Cliff-sama?」

「Soal makanan, aku mengerti. Jika kota ini mengalami kekurangan pangan, kami akan membantu. Tapi jika di saat yang sama kotaku juga mengalami kekurangan pangan, aku tidak bisa menjamin akan membantu kalian. Apakah begitu tidak apa-apa?」

「Ya, tentu saja. Kota ini akan mengalami kekurangan pangan hanya pada saat kami tidak bisa melaut. Kami rasa hal itu tidak akan terjadi pada saat yang sama dengan Crimonia.」

「Kau benar. Menurutku juga begitu. Oleh sebab itu, jika Crimonia mengalami kekurangan pangan, aku akan memerintahkan kalian untuk membantu kami sebagai gantinya.」

「Siap.」

「Tapi sekarang masalahnya adalah bagaimana kita bisa mendistribusikannya.」

「Soal itu, tidak ada masalah. Semuanya berkat Kuma ini.」

Begitulah kata Cliff sambil menatapku.
Semua orang, kecuali aku dan Mylene-san, tampak kebingungan.

「Demi kota ini, si Yuna ini sudah membuat terowongan yang mengarah ke Crimonia.」

「Tunggu…」

Aku mencoba memotong pembicaraan.

「Benarkah itu?!」

「Ya, kami datang ke sini menggunakan terowongan tersebut.」

「Anda tidak sedang bercanda, 'kan?」

「Mungkin hal ini memang terdengar seperti lelucon, tapi hal ini memang benar adanya. Dengan kuda kencang, kalian bisa menempuhnya dalam satu atau dua hari. Aku tidak tahu berapa hari yang dibutuhkan bila menaiki kereta kuda, tapi seharusnya kalian bisa menempuhnya dalam beberapa hari.」

「……」

「Demi membahas tentang penggunaan terowongan tersebut, aku ingin kita segera pergi ke lokasi terowongan itu berada. Apakah kalian setuju?」

「Ya, tentu saja. Kami juga ingin melihat terowongan tersebut.」

Setelah itu, mereka menandatangani surat kontrak.
Hmm~, apakah aku benar-benar dibutuhkan di sini?

「Untuk selanjutnya, aku ingin kalian memilih satu orang sebagai perwakilan kota ini. Aku ingin membahas berbagai hal dengan siapa pun yang nanti terpilih. Tentu saja, aku tidak keberatan bila kalian memilih salah seorang dari yang hadir di sini sebagai perwakilan.」

「Maksud Anda sebagai walikota?」

「Benar. Tanpa seorang pemimpin, akan sulit mengambil keputusan penting.」

「Kami mengerti. Kami akan segera melakukan pemilihan walikota.」

「Untuk saat ini hanya itu saja yang perlu kusampaikan.」

Setelah Cliff selesai mengatakan semua yang ingin dia katakan, tibalah giliran Mylene-san.

「Selanjutnya saya akan membahas perihal Guild Komersial. Saya mohon maaf atas segala ketidaknyamanan yang telah disebabkan oleh orang-orang kami pada insiden kali ini. Saya sudah membaca laporan dari Atla-san. Hal seburuk ini seharusnya tidak boleh dibiarkan terjadi. Kami sebagai Guild Komersial tidak akan memberikan toleransi sedikit pun pada para pelaku. Kami akan menerapkan hukuman yang sama seperti di kota Crimonia.」

「Anu, apa hukumannya?」

「Tentu saja hukuman mati. Berdasarkan kontrak yang sudah ditandatangani, kota ini sekarang menjadi bagian dari wilayahku. Jika hukumannya memang belum diputuskan, maka wajar baginya untuk mendapat hukuman sesuai hukum kota Crimonia. Dia telah bertindak sesuka hati di kotaku. Rakyatku tercinta telah tewas terbunuh. Orang seperti itu mesti dihukum mati. Yang terpenting, tidak ada gunanya membiarkan dia tetap hidup. Jika kita mengeksekusinya, akan banyak kesedihan yang tersembuhkan. Oleh sebab itu, dia harus mati.」

Kesedihan yang dikatakan Cliff adalah tentang orang-orang yang telah kehilangan orang yang mereka sayangi.
Suami, istri, putra, putri, kerabat, sahabat, kakek, nenek, mungkin masih banyak orang yang menyimpan dendam.

「Aku akan mengeksekusinya dengan menenggak racun di alun-alun pusat kota ini. Panggil semua orang yang ingin menyaksikannya, supaya mereka bisa cepat merelakan insiden ini.」

「Lalu, bagaimana dengan para perampok?」

「Hmm. Kita akan menghukum mereka sesuai informasi yang terkumpul. Mereka yang telah melakukan pembunuhan atau memerkosa para wanita akan dihukum mati. Sisanya akan kerja paksa di tambang.」

Dalang di balik insiden ini telah dijatuhi hukuman mati hanya dengan sepatah kata dari Cliff.
Tidak ada satu pun orang yang berusaha memprotes keputusannya.
Para kakek itu adalah orang biasa. Sejahat apa pun perbuatan para penjahat itu, para kakek itu tidak ingin mengotori tangan mereka.
Cliff yang tanpa ragu mengambil keputusan seperti itu benar-benar menunjukkan bahwa dia adalah orang yang pantas memimpin orang lain.
Di tengah pertarungan, mungkin saja aku bisa membunuh mereka. Tapi kalau aku diminta untuk mengeksekusi penjahat yang sudah tidak bisa melawan, aku tidak akan bisa langsung mengiyakannya saat itu juga.
Kurasa Cliff benar-benar hebat karena dia bisa melakukannya.

「Jika ada kerabat mereka yang mengeluh, sebutkan saja namaku!」

「Kami mengerti. Terima kasih banyak atas segalanya, Cliff-sama.」

「Aku tidak butuh terima kasih. Aku melakukannya karena itu adalah tugasku.」

「Kalau begitu, selanjutnya adalah membahas masa depan Guild Komersial.」

Kata-kata itu seketika membuat Jeremo gugup.

「Saya ingin mendengar masukan dari Anda semua. Apakah Jeremo-san itu adalah seseorang yang serius dengan pekerjaannya? Bagaimana performa kerjanya? Dan bisakah beri tahu saya tentang kepribadiannya?」

Para kakek sempat kebingungan saat mendengar semua pertanyaan itu, tapi mereka segera memberikan jawaban.

「Jeremo mungkin tidak terlalu serius bekerja, tapi dia dia selalu menyelesaikan pekerjaannya.」

「Kadang aku melihatnya bolos kerja, tapi para penduduk menyukainya.」

「Selama insiden kali ini, dia mencuri ikan dan membagikannya pada para keluarga miskin.」

「Begitu ya. Berarti dia merupakan tipe orang yang akan melakukan pekerjaannya dengan baik, meskipun dia selalu mengeluh ya.」

Setelah Mylene-san memahami garis besar kepribadian Jeremo-san,

「Kalau begitu, saya ingin menunjuk Anda sebagai Guildmaster Guild Komersial di kota ini.」

「Aku… Saya sebagai Guildmaster?」

「Ya, di saat Guild tidak stabil seperti sekarang ini, Guild mesti dipimpin oleh seseorang yang dipercaya oleh para penduduk lokal. Para penduduk akan dengan senang hati membantu Anda. Jika orang asing seperti saya yang menjadi Guildmaster, hal itu malah akan berdampak buruk pada citra Guild.」

「Tapi, aku sebagai Guildmaster…」

「Tidak akan ada masalah. Saya akan mengirim seseorang untuk membantu Anda. Anda bisa perlahan-lahan belajar untuk menjadi seorang Guildmaster.」

「Jeremo, kami juga memohon padamu. Kau tidak tahu seberapa besar pengaruh tindakanmu yang telah membantu kami selama insiden ini.」

「Dan kalau kau ingin bolos kerja, kau bisa memaksa bawahanmu untuk mengerjakan pekerjaanmu, 'kan?」

「Jeremo, kami mohon.」

Para kakek memohon dan menundukkan kepala mereka.
Tapi kau tidak boleh bolos kerja lho!

「Aku mengerti. Tolong angkat kepala kalian. Kalau kalian merasa diriku ini memang pantas, aku akan menerimanya.」

Jeremo-san menerima jabatan Guildmaster sambil membusungkan dadanya.
Mylene-san tersenyum saat mendengar responnya.
Wajah Jeremo-san merona merah saat melihat senyuman itu, dan kemungkinan besar itu bukanlah imajinasiku belaka.

「Kalau begitu, yang terakhir adalah perihal terowongan ya.」

「Sebelum itu, bagaimana kalau kita makan siang terlebih dahulu?」

Atla-san sudah mengecek waktu.
Memang sudah waktunya makan siang.

「Kau benar. Aku ingin kita pergi ke terowongan sehabis makan. Apakah begitu tidak apa-apa?」

Tidak ada yang menolak tawaran dari Cliff.


<< Sebelumnya Berikutnya >>
Daftar Isi

2 komentar: